Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Pendidikan Masa Rasulullah


Sebelum Nabi Muhammad SAW memulai tugasnya sebagai seorang Rasul, Allah SWT telah mendidik dan mempersiapkannya untuk melaksanakan tugas tersebut secara sempurna, melalui pengalaman, pengenalan serta peran serta-Nya dalam kehidupan masyarakat serta lingkungan budaya-Nya, dengan potensi fitrah-Nya yang luar biasa.
Dalam diri Nabi Muhammad SAW, seolah-olah Allah telah menyusun suatu metodologi pendidikan Islam yang sempurna, suatu bentuk yang hidup dan abadi selama sejarah kehidupan manusia masih berlangsung. Berbagai kepribadian terpuji terkumpul di dalam satu pribadi, yang masing-masing melengkapi bagian-bagian lain, seakan-akan pribadi itu sesuatu yang mempunyai banyak sisi yang berbeda, kemudian dipertautkan menjadi suatu yang lebih luas, tersusun dengan rapi menjadi  lingkaran yang sangat sempurna dengan unsur-unsur pribadi yang disusun dengan sangat  baik dan teratur.

Sebagai manusia pilihan yang sudah dipersiapkan oleh Allah untuk menyampaikan risalah Islam.Tentu saja dalam melaksanakan tugas tersebut selalu berada di bawah pengawasan dan bimbinganNya, akan tetapi sebagai manusia biasa yang diberikan akal, hati dan indra lainnya, Rasulullah adalah orang yang sangat cerdas, kreatif, inovatif dalam menyampaikan risalah Islam dan sekaligus sebagai materi dari pendidikan yang menjadi tugas utama Nabi.

Sebagai pribadi, Rasulullah memiliki kepribadian dan nilai-nilai kepemimpinan serta pola manajemen yang baik, sehingga strategi pembelajaran Rasulullah dapat dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Tidak dapat dipungkiri, bahwa Nabi Muhammad adalah seorang Rasulullah yang tentu saja berbeda dengan manusia biasa, yang segala sikap dan tingkah laku serta perbuatannya sangat dipengaruhi bahkan selalu dalam bimbingan wahyu.

Tetapi sebagai manusia, Rasulullah memang telah memiliki kepribadian yang terpuji sehingga beliau memperoleh predikat “al-amin” artinya yang jujur, begitupun dengan kemampuan beliau sebagai seorang pemimpin dan kombinasi dari kemampuan dan sikapnya yang mulia serta didukung oleh bimbingan Allah yang terus menerus, pembelajarannya dapat berhasil dengan baik.

Berdasarkan Hadis-Hadis yang ada, dalam kontek pembelajaran, Nabi Muhammad sangat kaya dengan  strategi dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikannya, sehingga tujuan pendidikan yang dikehendaki dapat tercapai dengan baik.