Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Khaled M. Abou El Fadl

Nama lengkapnya adalah Khaled Medhat Abou El Fadl. Ia dilahirkan di Kuwait pada tahun 1963. Khaled adalah salah satu tokoh Islam pada abad ke-21 yang aktif menyuarakan Islam moderat dan sangat menentang terhadap paham – paham yang ekstream dan fundamentalis. 
Abou fadl tumbuh dan besar di Kuwait dan Mesir. Sejak kecil ia telah memperoleh pendidikan keagamaan yang mumpuni sama halnya dengan masyarakat Arab pada umumnya yakni mempelajari al – Qur’an, hadits, tata bahasa arab dan beberapa pendidikan dasar keislaman lainnya selain itu ia juga mempelajari tasawuf dan filsafat sejak duduk dibangku madrasah. Minatnya pada bidang – bidang keilmuwan dan tradisi Islam dapat terlihat dari beberapa pemikirannya yang kaya terhadap hal tersebut.
Pada tahun 1985 Abou Fadl memperoleh gelar Bachelor Of Art ( B.A ) dari Universitas Yale, kemudian pada tahun 1989 ia memperoleh gelar J.D dari pendidikan lanjutannya di Universitas Pennsilvania. Dari Universitas Pennsilvania ia kemudian melanjutkan pendidikannya kembali di Universitas Princeton dengan spesialis bidang Islamic Studies hingga memperoleh gelar Ph.D dan pada saat yang bersamaan ia juga menempuh 
studi hukum di UCLA yang kemudian ia juga membangun karir disana dengan jabatan sebagai professor hukum Islam.


Abou fadl terkenal sebagai tokoh intelektual yang terkemuka dalam bidang hukum Islam. Berbagai tulisan akademisnyapun ditulis berdasarkan pendekatan – pendekatan yang sarat akan nilai moral dan kemanusiaan. Ia dikenal sebagai seorang yang gigih memperjuangkan hak perempuan dan gigih pula dalam menentang puritan Islam dan paham Wahabi. Abou Fadl aktif dalam berbagai media penyiaran baik nasional maupun internasional diantaranya adalah aktif dalam penyiaran di televisi maupun radio seperti CNN, NBC, PBS, NPR dan VOA yang tidak hanya 5
disiarkan dalam negeri tetapi juga mengudara hingga ke luar negeri (internasional).
Pada masa remajanya ia pernah menjadi anggota puritan Wahabi, karena tidak dapat dipungkiri bahwa paham Wahabi saat itu adalah paham agama terkuat dan sangat berpengaruh di lingkungannya akan tetapi berkat kebebasan berpikir yang diberikan oleh keluarganya dan keluwesan keluarganya dalam memberikan pemahaman–pemahaman terhadap aliran–aliran yang ada dalam Islam sehingga ia menjadi sosok remaja yang kritis dan moderat. Kemoderatannya didukung juga oleh pendidikan yang ia terima di Mesir. Oleh gurunya ia diajari bagaimana paham moderat sangat dibutuhkan mengingat banyaknya paham–paham keagamaan yang saling mengklaim dirinya sebagai paham yang benar dan menyalahkan paham yang lain.

Post a Comment for "Biografi Khaled M. Abou El Fadl"