Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Singkat Ibnu Rusyd

Nama lengkap Ibn Rusyd adalah Abu Al-Walid Muhammad Ibn Ahmad Ibn Muhammad ibn Ahmad ibn Wusyd, yang paling termansyur diantara pemikir muslim di Eropa dan terkenal pula dengan Ibn Rusyd cucu. Dilahirkan di Cordova pada tahun 520 H (1126 M) dan wafat di Maroko pada 595 H (1198 M). Dia tumbuh dalam keluarga ilmuwan.
Karya-karya Ibnu Rusyd benar-benar memuat sudut pandang ke arah filsafat. Di antara karya-karyanya yang paling terkenal adalah Tahafut at-Tahafut.
Walaupun ibnu rusyd sangat mengagumi aristoteles bukan berarti dalam berfilsafat ia selalu mengekor dan menjiplak filsafat aristoteles. Ibnu rusyd juga memilikin pandangsn tersendiri dalam tema-tema filsafat yang menjadikannya sebagai filosof muslim besar dan terkenal pada masa lasik hingga sekarang. Adapun pemikiran filsofnya,yakni tentang Filsafat dan Agama, Dalil tentang wujud Tuhan, Kebebasan manusia dan Kodrat Tuhan serta Teori Ijma’.
Melalui buku Tahafut al-Falasifah (Kekacauan Pemikiran Para Filsuf), Al-Ghazali melancarkan kritik keras terhadap para filsuf dalam 20 masalah. Tiga dari masalah tersebut, menurut Al-Ghazali, dapat menyebabkan kekafiran: yaitu, qadimnya alam, Tuhan tidak mengetahui perincian yang terjadi di alam, dan tidak adanya pembangkitan jasmani.

Sehubungan serangan dan pengkafiran Al-Ghazali, Ibn Rusyd tampil membela para filsuf dari serangan dan pengkafiran tersebut. Dalam rangka pembelaan itulah ia menulis buku Tahafut al-Tahafut (Kekacauan dalam Kekacauan). Dari 20 persoalan tersebut ada 3 hal yang dianggap paling membahayakan “kestabilan” umat yaitu: Qadimnya Alam, Pengetahuan Tuhan terhadap hal-hal kecil dan kebangkitan jasmani.

Post a Comment for "Biografi Singkat Ibnu Rusyd"