Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SYARAT MENCARI ILMU


Menuntut ilmu merupakan suatu keharusan bagi kita, baik yang muda, anak-anak, yang tua apalagi kalau kita bergama islam. sebagi seorang muslim menuntut ilmu wajib hukumnya, sebagaimana hadist rasulullah saw:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَی كُلِّ مُسلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ

“Menuntut ilmu itu sangat wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan” .
menuntut ilmu juga harus memenuhi persyaratan orang mencari ilmu agar ilmu yang kita dapatkan bermanfaat bagi diri kita dan orang lain, juga dapat menambah wawasan yang nantinya dapat dijadikan bekal untuk berdakwah, hidup dan mengajarkan kepada anak-anak kita. Ada bebeapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin sukses dalam mencari ilmu. Sayyidina Ali Karromallah Wajhah berkata dalam sebuah syairnya: ALAA LAN TANALAL ILMA ILLA BISITTATIN, SAUNBIIKA AN TAFSILIHA BIBAYAANIN: DZAKAAIN, WAHIRSHIN, WASHTIBAARIN, WABULGHOTIN, WAIRSYAADIL USTAADZ, WATUULIZZAMAN. Ingatlah wahai manusia, tidak akan pernah kalian semua mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 persyaratan:

 Hasil pencarian untuk syarat mencari ilmu
1.Dzukain (Cerdas). 
cerdas menjadi syarat paling utama dalam menuntut ilmu, kecerdasan akan membantu cepat memahami ilmu itu, karena ilmu Allah adala cahaya, dan cahaya allah laa yuhdaa lil 'aashi tidak di berikan kepada orang yang berbuat maksiat.

2.Hirsin (Bersungguh-sungguh). 
strugle, sungguh-sungguh, berjuang adalah kekuatan kita untuk menuntut ilmu, karena man jadda wajada barang siapa bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkanya. 

3.Isthibarin (Sabar). 
selain bersungguh-sungguh sabar juga menjadi kunci suksesnya mencari ilmu, man shobaro dhofiro, karena dalam perjalanan menuntut ilmu pasti banyak ujian yang menghadang, banyak pula rintangan yang harus di hadapi dengan penuh kesabaran.

4.Bulghotin (Biaya). 
kenapa biaya menjadi syarat penting dalam menuntut ilmu?
biaya yang di maksudkan di sini tidaklah harus uang, tetapi juga waktu dan tenaga karena tanpa tersedianya waktu dan tenaga untuk berjalan dan berfikir maka tidak akan terlaksana menuntut ilmu dengan baik.

5.Irsyadi Ustadzin (Petunjuk Guru). Guru adalah perantara yang akan mengajarkan kita berbagai hal yang sebelumnya begitu sulit kita pahami. Guru lah yang menjadi pembimbing kita dan tempat kita bertanya jika kita menemukan kesulitan dalam menuntut ilmu.

6.Thuli Zamanin (Panjang/lama waktunya) 
ini yang sangat menarik, waktu sangat cepat sekali berganti, siang berganti malam, malam begitu cepat tergantikan siang. jangan sampai lelah menuntut ilmu, jangan pula terburu-buru, karena semakin lama kita menuntut ilmu maka logikanya semakin banyak pula ilmu yang akan di terima


Post a Comment for "SYARAT MENCARI ILMU"